Senin, 27 Agustus 2018

Kalau aku Nanti pulang , Pa



Kalau aku nanti pulang, pa
Ajari aku lagi tentang ketakziman,
Di negeri ini aku menjadi lupa,
Kepada siapa lagi aku harus menundukan
Muka  dan tersenyum
saat berpapasan
sebab kehormatan nampaknya  sudah
di borong habis oleh mereka yang mampu membeli
dengan uang,
dengan baju yang mereka kenakan,
dengan sepatu yang mereka pakai,
dengan kursi yang mereka tempati,

Kalau aku nanti pulang, Pa
Ajari aku lagi tentang satu dua dan tiga
Di sini setiap hari  aku di jejali angka-angka
Dan sibuk menilai  diri dengan perhitungan
Yang mungkin takkan mampu orang beli….

Kalau aku nanti pulang , pa
Ajari aku lagi  tentang  a, be, ce
Disini aku terlalu banyak
Bergumul dengan kata-kata
Yang mungkin takkan mampu lagi orang baca

Kalau  aku  nanti pulang pa,
Kalau kutemukan jalan  Pulang.

(Bandung, Pebruari 2001)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar